RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN METODIK BOLA TANGAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

METODIK BOLA TANGAN

PEMANASAN

Pemanasan dilakukan dengan metode pemanasan aktif. Sebelum masuk ke pemanasan siswa melakukan jogging memutari lap sebanyak 2 kali, agar keadaan tubuh bisa menyesuaiakn dengan pemanasan selanjutnya. Setelah itu siswa dibagi menjadi 2 kelompok, pemanasan model aktif ini membutuhkan satu bola tangan dan dua buah pun. Adapun kegunaan pun tersebut dijadikan menjadi target. Aturan dari pemanasan aktif ini adalah setiap kelompok berkompetisi mengenai target sebanyak-banyaknya dengan cara melempar dengan bola tangan, tidak boleh dengan kaki. Pemanasan ini dilakukan kurang lebih 10 menit. Permainan ini ditujukan agar siswa aktif bergerak dan pemanasan lebih maksimal.

INTI

Dalam pembelajaran kali ini siswa akan diajarkan bagaimana cara melakukan pasing yang benar. Dalam pembelajaran ini siwa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk melakukan ini minimal ada dua kelompok. Pembelajaran  ini membutuhkan bola tangan jumlahnya disesuaikan. Cara melakukannya adalah dua kelompok tersebut membentuk barisan dan saling berhadapan, siswa salah satu kelompok yang ada didepan sendiri memegang bola, habis itu dilempar kesiswa kelompok satunya yang berada di depan sendiri, habis melempar siswa tersebut lari dan ikut barisan dikelompok yang satu, tapi mengambil psisi paling belakang. Siswa yang menerima lemparan bola tersebut juga harus melempar kepada kelompok yang satu, kemudian lari ketempat barisan paling belakang kelompok yang satu.begitu seterusnya. Pembelajaran ini dilakukan kira-kira 10 menit.

PENDINGINAN

Pendinginan dilakukan dengan sederhana, yaitu dengan melakukan jalan kaki memutari lapangan sambil melemaskan otot dengan cara, tangsn diayun-ayunkan, kaki juga diayun-ayunkan. Siswa juga harus mengatur nafas agar keadaan tubuh dapat kembali ke keadaan normal dan tidak menimbulkan penyakit.

~ oleh afristianismadraga pada Desember 22, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: