cara mengukur waktu reaksi gerak manusia

WAKTU REAKSI

Waktu reaksi merupakan gerak yang disadari untuk menjawabsuatu rangsangan yang datang. Waktu reaksi adalah lama waktu yang digunakan untuk menjawab rangsangan setelah iya menerima rangsang. Waktu reaksi kira-kira 0,18 detik dan reaksi dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain : jenis kelamin, umur seseorang, jenis rangsangan, kondisi fisik, tingkat keterlatihan, dan intensitas perhatian serta konsentrasi. Percobaan ini bertujuan agar mahasiswa mampu melakukan pengukuran waktu reaksi dan memahami penggunaan waktu reaksi dalam kehidupan sehari-hari.
Alat-alat :
1. penggaris 30 cm atau 60 cm
2. stopwacth sebanyak 3 buah
3. garpu tala 1 buah
4. alat peraga cahaya
Cara kerja :
1. orang coba disuruh duduk, tangan kanan diatas bibir meja. Jarak jari telunjuk dan ibi jari kurang lebih 2,5 cm. setelah orang coba siap, kemudian restor memegang penggaris serta memberi aba-aba siap. Seruh menangkap penggaris yang jatuh, awas jangan sampai orang coba melakukan antisipasi. Ulangi percobaan tersebut sebanyak 20 kali, dan catat hasilnya. Buanglah 5 datqa terbesar dan 5 data terkecit, sehingga didapatkan 10 data. Carilah rata-rata. Hitung sesuai dengan formula dibawah ini.
t= V 2 st/g
st= jarak rerata
g=grafitasi=10m/dt2
2. Rangsangan sentuhan
Orang coba memegang stop wacth ditangan kiri yang dijulurkan lurus diatas meja. Mata orang coba ditutup. Testor juga memegang stop wacth. Selanjutnya orang coba menghidupkan stopwacth bersamaan menyentuh orang coba. Orang coba diminta menghidupkan stopwacth jika mendapat sentuhan. Perbedaan antara waktu tekan testor dan orang coba merupakan waktu raeksi sederhana. Untuk mengukur waktu reaksi tersebut dengan stopwacth , maka orang coba menghentikan stopwacth bersamaan, sehingga perbedaan waktu dapat dibaca.
3. Rangsang suara
Dengan seperti cara no 2, tetapi pada percobaab kali ini yang akan diberikan adalah rangsangan suara. Oarang coba disuruh menghidupkan stop wacth bila iya mendengan garpu suara.
4. Rangsangan cahaya
Dengan seperti cara no 2, tetapi pada percobaan ini yang akan diberikan adalah rangsangan cahaya. Orang coba disuruh menghidupkan stopwacth setelah melihat cahaya baterai.

~ oleh afristianismadraga pada Januari 6, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: